Apa Itu Pemindahbukuan?

Apakah Anda pernah melakukan kesalahan administrasi terkait dengan proses pembayaran atau penyetoran pajak?  Kesalahan itu di antaranya kesalahan pengisian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), masa pajak, jenis pajak, atau nominal pembayaran. Kesalahan ini dapat diperbaiki salah satunya dengan melakukan Pemindahbukuan (Pbk). Lalu, apa itu Pemindahbukuan?

Dasar Hukum
Merujuk Pasal 1 angka 28 PMK 242/2014 pemindahbukuan adalah proses memindahbukukan penerimaan pajak untuk dibukukan pada penerimaan pajak yang sesuai.

Proses pemindahbukuan ini dapat dilakukan dalam hal terjadi kesalahan pembayaran atau penyetoran pajak. Mengacu Pasal 16 ayat (2) PMK 242/2014 terdapat 8 sebab yang membuat diperlukannya proses pemindahbukuan.

Intinya, Pemindahbukuan (Pbk) merupakan proses memindahbukukan penerimaan pajak untuk dibukukan pada penerimaan pajak yang sesuai. Proses pemindahbukuan ini dilakukan dalam hal terjadi kesalahan pembayaran atau penyetoran pajak.

Kesalahan tersebut bisa terjadi baik dari sisi wajib pajak, bank persepsi, pegawai DJP, maupun pihak lain. Secara ringkas proses Pbk dapat dilakukan di antaranya dari suatu masa pajak ke masa pajak lain atau antarjenis pajak.

Untuk pengajuan proses pemindahbukuan, Anda harus menyiapkan data sebagai berikut :
  1. Mengisi Formulir Permohonan PBK secara lengkap  (Download disini)
  2. Surat Setoran Pajak (Asli)
Jika sudah, silakan ajukan formulir tersebut ke KPP terdaftar. Saat ini Permohonan Pbk dapat disampaikan melalui tiga cara (tergantung ketentuan dari KPP setempat) yaitu :
  1. Langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) 
  2. Melalui pos/jasa pengiriman dengan bukti pengiriman surat ke KPP; atau
  3. Melalui email KPP terdaftar (Alamat email masing-masing KPP dapat klik di sini.)

Selanjutnya, jangka waktu penyelesaian permohonan Pbk adalah 30 hari sejak surat permohonan Pbk diterima lengkap. Jika tidak lengkap atau kurang, DJP akan mengirimkan pemberitahuan permohonan Pbk ditolak. Bila lengkap, DJP akan mengirimkan bukti Pbk. Selesai



Ingin tahu lebih banyak ? Baca selengkapnya seputar pemindahbukuan di sini.