Mengapa Saya Mendapatkan Keterangan File CSV Gagal, Corrupt atau Error?

 

Tahukah Anda bahwa dengan bantuan premium, Anda dapat menghubungi tim support kami melalui chat kapan saja untuk membantu Anda ketika mengalami kesulitan!

File CSV  Rusak / Corrupt merupakan respon dari sistem DJP pada saat Anda melakukan proses eFiling. Hal yang harus Anda lakukan adalah men-generate atau membuat ulang file CSV tersebut kemudian upload kembali dan lapor.

Lalu, apa saja yang menjadi faktor file CSV error atau corrupt?

  1. Adanya Virus
    Folder penyimpanan atau file CSV yang Anda miliki terinfeksi oleh virus yang berasal dari komputer atau flashdisk sehingga file menjadi rusak dan tidak terbaca. Untuk menghindari masalah ini, lakukan pemindaian menggunakan aplikasi antivirus terbaru.
  2. Nama File yang Diubah
    File CSV mengandung kode unik, sehingga disarankan bagi Anda untuk tidak melakukan perubahan terhadap nama file tersebut.
  3. Penggunaan Karakter yang Dilarang
    Hindari penggunaan karakter yang dilarang, seperti tanpa kutip (‘), quote (“), dan soft enter. Sebaiknya Anda menggunakan alfabet, angka, dan spasi saja.

Please note: Pastikan File CSV yang Anda generate tidak rusak / corrupt karena tanggal pelaporan di BPE akan mengikuti dari kapan Anda klik Lapor.