Membatalkan Faktur Pajak Masukan Dan Faktur Pajak Keluaran

Tersedia pada: 

Semua paket dan produk.



Perlu diketahui sebelumnya, pengertian faktur pajak batal adalah faktur pajak yang digunakan bila didukung oleh bukti atau dokumen yang menyatakan telah terjadi pembatalan transaksi berupa pembatalan kontrak, atau dokumen lain.

Untuk membuat faktur pajak batal, Pengusaha Kena Pajak (PKP) Penjual yang melakukan pembatalan faktur pajak harus memiliki bukti dari PKP Pembeli yang menyatakan bahwa transaksi telah dibatalkan. Perlu diingat, nomor faktur pajak yang dibatalkan tidak dapat digunakan kembali.

Berikut ini langkah mudah untuk membatalkan faktur pajak masukan dan faktur pajak keluaran:

A. Faktur Pajak Keluaran Pembatalan

  1. Setelah Anda masuk ke menu eFaktur;

  2. Silahkan klik Tab Penjualan, kemudian checklist faktur pajak yang ingin Anda batalkan dan silahkan klik Pembatalan. Ingat, faktur pajak hanya dapat dibatalkan setelah Anda melakukan Approval.

B. Faktur Pajak Masukan Pembatalan


Cara membuat faktur pajak masukan pembatalan di OnlinePajak sangat mudah. Anda cukup mengulangi langkah di atas. Perbedaannya hanya terdapat pada poin ke-2, kali ini yang diklik adalah tab Pembelian.

  1. Silahkan klik Tab Pembelian, kemudian checklist faktur pajak yang ingin Anda batalkan dan silahkan klik Pembatalan. Ingat, faktur pajak hanya dapat dibatalkan setelah Anda melakukan “Approval”.