Proses Persiapan Pelaporan PPh 21 dengan e-SPT di OnlinePajak

 


Tahukah Anda bahwa dengan bantuan premium, Anda dapat menghubungi tim support kami melalui chat kapan saja selama jam kerja untuk membantu Anda ketika mengalami kesulitan!

Setelah data karyawan selesai dibuat, lakukan proses pembayaran PPh 21. Setelah itu lakukan persiapan pelaporan dengan menekan tombol Lapor.

Setelah Anda klik Lapor, akan muncul 2 pilihan metode pelaporan yang dapat Anda pilih.

Jika Anda memilih dengan e-SPT silakan ikuti petunjuk berikut:

  1. Melalui e-SPT
    Dengan memilih metode ini artinya Anda memilih untuk membuat persiapan pelaporan melalui aplikasi e-SPT PPh 21 dan akan muncul pop up seperti dibawah ini.

    Silakan ikuti langkah-langkah berikut:
    1. Pada bagian “Pilih Pembetulan”, silakan pilih pembetulan ke berapa yang ingin Anda buat, untuk SPT Normal silakan pilih pembetulan 0. 
    2. Setelah itu klik “Unduh File” , file data PPh 21 akan terunduh otomatis dalam bentuk Zip. Lalu ekstrak file Zip tersebut.
    3. Buka aplikasi e-SPT PPh 21 dan lakukan proses import data dari file yang sudah di unduh. Untuk melakukan proses import data ke aplikasi e-SPT PPh 21, silakan baca petunjuknya di sini
    4. Setelah berhasil melakukan proses import, silakan lakukan proses pembuatan File CSV dengan melakukan langkah-langkah berikut :
      1. Lengkapi data isian untuk SPT Induk
      2. Setelah proses pengisian SPT selesai, silakan masukan NTPN yang sudah dibayar 
      3. Setelah semua selesai silakan lakukan proses pembuatan File CSV
        Silakan baca petunjuknya di sini
    5. Setelah proses pembuatan File CSV selesai, silakan laporkan PPh 21 Anda dengan mengunggah File CSV yang sudah Anda buat dan simpan. Silakan baca petunjuknya di sini