Bagaimana Jika Saya Lupa Passphrase Sertifikat Elektronik atau Digital?

Passphrase akun Nomor Faktur Elektronik (e-Nofa) merupakan kata sandi/kode yang berfungsi sebagai pengaman sertifikat elektronik faktur Anda atau yang sering kita sebut dengan sertifikat digital. Pada saat pengajuan sertifikat elektronik, pihak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan meminta Anda untuk mengatur/membuat sendiri passphrase sesuai dengan yang Anda inginkan. Passphrase dapat Anda buat dengan karakter apa saja.

Pada menu eFaktur di aplikasi OnlinePajak passphrase diperlukan agar akun OnlinePajak dan akun eNofa Anda dapat terhubung dan dapat tersinkronasi. Namun apa yang harus Anda lakukan apabila Anda lupa dengan passphrase eNofa Anda? Dalam hal ini Anda dapat melakukan pencabutan Sertifikat Digital (revoke). Revoke harus Anda lakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda dikukuhkan/terdaftar. Setelah itu Anda bisa melakukan pengajuan Sertifikat Digital yang baru dengan proses yang sama seperti Anda mengajukan Sertifikat Digital pertama kali.

Format surat permohonan pencabutan Sertifikat Digital dan syarat yang harus dipenuhi dapat Anda download dengan mengklik tombol Download. Proses pencabutan Sertifikat Digital ini dapat dilakukan dalam waktu satu hingga dua hari kerja setelah kelengkapan berkas syarat pencabutan Sertifikat Digital diterima oleh KPP. Apabila permohonan pencabutan Sertifikat Digital Anda telah disetujui oleh KPP, Anda akan menerima email dari DJP terkait permohonan pencabutan Sertifikat Digital, pemberitahuan ini akan dikirimkan ke email yang Anda cantumkan pada saat permohonan pencabutan Sertifikat Digital.

Setelah berhasil melakukan permintaan Sertifikat Digital dan membuat passphrase yang baru silakan masuk ke menu eFaktur pada aplikasi OnlinePajak untuk meghubungkan akun eNofa dan OnlinePajak Anda. Untuk menghubungkan akun eNofa Anda dengan OnlinePajak silakan klik disini.